Promo Paket Tour Makassar,Tour Tanjung Bira, dan Rental Mobil Makassar

Full width home advertisement

Post Page Advertisement [Top]




Pisang Epe Rental Mobil Makassar

Di sepanjang Jalan Pantai Losari berjejeran pedagang kaki lima pisang epe. Pilihan rasa mulai rasa keju, durian, cokelat dan orisinal. Bedanya hanya di cara penyajian saja. Rasa cokelat, maka pisang diberi siraman susu cokelat. Untuk rasa keju, pisang diberi taburan parutan keju. Rasa durian, maka pisang disiram vla durian sebagai kuahnya. Sementara rasa orisinal, hanya diberi kuah gula aren aja.                                 
Asyik juga melihat pedagang pisang epe membakar pisangnya. Bahan pisangnya dipilih dari pisang kepok yang setengah tua kemudian dibakar setengah matang terlebih dahulu. 



Rental Mobil Makassar
Pisang Epe Keju (foto:Google)



Setelah cukup lembek, pisang diletakkan di jepitan  yang terbuat dari kayu dan dilapisi alumunium untuk kemudian ditekan sampai pipih. Proses pembakaran dua kali. Pisang dibakar lagi di bara arang yang panas agar lebuh empuk dan renyah. Mengapa disebut pisang epe karena ada proses dipenyet dulu setelah dibakar pertama.


Setelah dirasa cukup matang, pisang ditata di atas piring, baru disiram dengan lelehan gula merah seperti gula aren cair yang sudah sudah diberi pandan. Untuk pesanan coklat dan keju pastilah diberi susu kental manis rasa cokelat dan taburan parutan keju sesuai pesanan.

Rental Mobil Makassar
Pisang Epe (foto:Google)
 Pisang diantar ke meja dengan tambahan sendok garpu siap disantap. Rasa pisang epe antara renyah dan manis. Warna pisangnya putih kehitaman karena bara arang.  Setelah disiram gula aren, terasa manis asli tanpa pemanis. 


Apalagi ditambah lelehan rasa durian, campuran antara aroma durian dan gula aren sangat meleleh di lidah. Kalau yang suka rasa asin, lebih cocok yang rasa keju karena ada taburan parutan keju di atasnya.


Rental Mobil Makassar
Pisang Epe (foto:Google)
 Harga pisang epe satu porsi dengan isi tiga pisang bakar orisinal Rp 6.000. Rasa cokelat, keju, dan durian menjadi Rp 8.000. Penjual pisang epe di pantai Losari mulai berjualan di sore hari  pukul 16.00 sampai malam hari pukul 24.00 WITA. 


Meja dan kursi plastik pedagang pisang epe dijejer di sepanjang trotoar Pantai Losari. Dari tempat pedagang ini, pembeli juga bisa melihat saat terbenamnya matahari. Nikmat sekali makan pisang epe sambil melihat sunset. Rasanya lokasi makan pisang epe sambil  melihat sunset hanya ada di Makassar.


Menurut salah satu penjual pisang epe, Dg. Kebo , dalam sehari bisa menjual pisang epe Sepuluh  sisir di hari kerja. Tetapi khusus malam minggu dan bulan ramadhan bisa laku sampai dua kali lipat  sekitar 20 sisir.


Kelebihan pisang epe Makasaar adalah bahan pisang kepoknya benar-benar tua dan siraman kuah gula arennya terbuat dari aren asli tidak ada campuran pemanis. Sehingga rasa pisangnya manis dan renyah setelah dibakar.

Sumber : Pisangepemakassar.blogspot.com

No comments:

Post a Comment

Bottom Ad [Post Page]